Freight Forwarding Company adalah perusahaan atau entitas komersial yang didedikasikan untuk menyediakan layanan transportasi barang. Kita semua sudah tahu bahwa sebuah artikel akan dikirim karena perlu untuk memindahkan atau mengirim produk dari satu tempat ke tempat lain. Adapun masalah, tentu saja, pengiriman barang dapat terjadi jika ada keadaan seperti berikut:

Ada transaksi antara penjual dan pembeli barang.

Proses pengiriman barang yang terjadi pasti akan membutuhkan proses. Adapun proses yang umumnya digunakan untuk mengirim artikel adalah:

Proses pengiriman barang dengan metode kerja manusia.

Proses pengiriman barang menggunakan alat atau teknologi buatan, misalnya, mobil, truk, kapal, dll.

Metode pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain menggunakan alat atau teknologi disebut alat transportasi. Sedangkan alat transportasi bisa melalui darat, laut atau udara. Keduanya adalah antar kota atau antar negara.

Sarana transportasi umumnya terbatas untuk beberapa orang. Untuk alasan ini, akan sangat diperlukan bagi pihak ketiga untuk membantu dalam proses pengiriman barang, kemudian perusahaan jasa angkutan barang didirikan. Itu sebabnya orang masih perlu mengirim barang.

Manifestasi layanan transportasi barang

Saat ini ada beberapa jenis layanan transportasi kargo. Namun secara umum, ada beberapa standar berdasarkan pada produk yang akan dikirim dan kebutuhan yang saat ini ada di Indonesia.

1. Pengiriman barang melalui darat

Untuk proses darat umumnya ada dua jenis, yaitu:

Truk muatan penuh (FTL)

Untuk keperluan mengirim berat atau volume barang, kita bisa menyewa truk yang cocok. Tergantung pada berat dan volume item.

Lebih sedikit muatan truk (LTL)

Ada kalanya produk yang kami kirim memiliki berat atau volume yang kecil atau tidak sesuai dengan kapasitas truk yang akan disewa. Misalnya, jika Anda akan mengirimkan barang yang beratnya 1 ton, tetapi kapasitas truk bisa muat hingga 2 ton. Oleh karena itu, ada perusahaan yang melihat peluang ini dan menegakkan proses ini sambil mengumpulkan produk dari pengguna lain untuk mengumpulkan kapasitas muatan truk. Dengan metode ini, manfaat penggunaan dari harga yang efisien dan perusahaan jasa memperoleh manfaat optimal.

2. Pengiriman barang melalui laut

Dalam proses pengiriman barang melalui laut, pengiriman umumnya akan ditempatkan dalam wadah. Seperti halnya pengiriman darat, perusahaan jasa juga menawarkan opsi kapasitas kontainer sesuai kebutuhan. Untuk pengguna yang menginginkan kontainer berkapasitas penuh, mereka dapat menggunakan opsi Beban Piagam Penuh atau yang biasa dikenal dengan FCL. Sementara itu, pengguna yang menginginkan kapasitas parsial dapat menggunakan opsi Beban kontainer kurang atau biasa disebut LCL.

3. Kargo udara

Metode pengiriman barang melalui udara ini umumnya dipilih karena faktor kecepatan dalam pengiriman barang. Karena alasan ini, tarif yang diberikan tentu lebih mahal daripada penggunaan metode pengiriman darat dan laut.

4. Pengiriman barang melalui kurir

Metode ini adalah yang tercepat dalam hal pengiriman produk dibandingkan dengan semua metode sebelumnya. Metode ini umumnya dipilih jika produk kami akan dikirim dengan berat atau volume produk yang sangat kecil dan harus dikirim dengan cepat.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*